Thursday, October 15, 2015

Cara Mengatasi Masalah Kode MMI Tidak Valid atau Imei Hilang di Android


Berawal dari ajang coba-coba ni sob,ane jadi ngalamin kasus seperti ini, HH ane kebetulan telah terpasang ROM MOD, dan maksud ane ingin ngbalikin ROM MOD ini ke Official ROM bawaan dari HH ane, tapi sebelum ane flash ane coba Factory Reset supaya proses Flashing bener-bener bersih.
Pada saat proses Factory Reset sih ga ada masalah, normal seperti Factory reset biasanya, tapi saat melihat logo sinya, ane kaget kenapa logo sinyal HH ane ada tanda cakranya, ane coba men-Dial ke no yang ada tapi malah muncul keterangan "Connection problem or Invalid MMI Code", kagetlah ane dan ane coba cek imei ternyata no imei ane ga ada, akhirnya keselancarlah sampe nemuin yang hasilnya.
Bagi sobat yang mempunyai masalah seperti ini, jangan panik dan kaget dan masalah seperti ini berawal dari HH sobat yang diinstall ROM MOD ataupun dari sesuatu yang bukan bawaan asli dari HH sobat. Sobat cukup mencatat no Imei dari HH sobat, biasanya ada pada Dusbox atau menempel di dalam di belakang tempat baterai berada.

Setelah mencatat No IMEI HH sobat, selanjutnya sobat ikuti langkah-langkah berikut :

*  Sobat ketikkan kode berikut di Dialer HH sobat *#*#3646633#*#* maka sobat akan masuk ke "EngineerMode"


*  Selanjutnya sobat pilih bilah "Connectivity" dan pada bilah tersebut sobat pilih "CDS Information


*  Lalu sobat pilih lagi "Radio Information" dan akan muncul 2 tombol "Phone 1" dan "Phone 2" Pilih "Phone 1"


*  Masukkan No IMEI sobat dengan cara penulisan AT+EGMR=1,7,"input no imei sobat disinilalu klik "SEND AT COMMAND" maka akan muncul keterangan yang menjelaskan sukses input.
* Untuk "Phone 2" sobat input no IMEI kedua sobat dengan cara penulisan AT+EGMR=1,10, "input no imei ke 2 sobat disini" lalu klik "SEND AT COMMAND".


*  Setelah selesai input, sobat Reboot atau Restart HH sobat dan cek IMEI dengan ketik *#06#  pada Dialer, dan IMEI sobat telah muncul kembali.

**  Terkadang ada HH dual sim yang hanya memiliki 1 IMEI, maka masukan no imei yang sama pada phone 1 dan phone 2.

** Selamat Mencoba **



16 comments:

  1. makasih bnyak gan ato mbak udah postinhg ini
    sangat membantu banget
    HP aku udah bisa lagi cek IMEI

    ReplyDelete
  2. Tolong bos...bila tekan send at command,muncul "this command is not allowed in userbuild"..ada juga jumpa cara lain..mcm ini.."AT +EGMR"bila di jarakkan antara AT dan +,jadi "AT command is failed to send"...Tolong bos..saya punya vivo y15 kitkat..terima kasih

    ReplyDelete
  3. Tolong bos...bila tekan send at command,muncul "this command is not allowed in userbuild"..ada juga jumpa cara lain..mcm ini.."AT +EGMR"bila di jarakkan antara AT dan +,jadi "AT command is failed to send"...Tolong bos..saya punya vivo y15 kitkat..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tambahain space pada tanda sma dengan. AT+EGMR = 1,7,"input no imei sobat disini"

      Delete
  4. Mksih bro... infony mmbntu bwt kta" yg ilmuny msih minim ttg android... It's work...
    Skli lgi mksih bnyk... sukses bro...

    ReplyDelete
  5. Mksih bro... infony mmbntu bwt kta" yg ilmuny msih minim ttg android... It's work...
    Skli lgi mksih bnyk... sukses bro...

    ReplyDelete
  6. terimaskih banyaaaakkkkkk
    sukses sekali mas brooo
    thx thx

    ReplyDelete
  7. Semoga membantu,,maaf low respond, jarang ngadepin kompi ni

    ReplyDelete
  8. Gan ko ane ga bisa masuk engine mode ya... Hh ane galyoung

    ReplyDelete
  9. Gan, kenapa di HH sy menu CDS Information malahan di-disable ya? Jadi, sy tidak bisa memilih menu CDS Information. Ada solusi?

    ReplyDelete
  10. root dulu android nya..kalau tidak boleh guna engnieermode tu,guna mtk droid tool...melalui PC..sebelum ni,guna engineer mode..tp gagal..mungkin sbb telefon saya belum d root sepenuhnya..cuba root dulu..

    ReplyDelete
  11. root dulu android nya..kalau tidak boleh guna engnieermode tu,guna mtk droid tool...melalui PC..sebelum ni,guna engineer mode..tp gagal..mungkin sbb telefon saya belum d root sepenuhnya..cuba root dulu..

    ReplyDelete
  12. Mkasih bnyak brow ini sangat mmbantu saya opo saya sukses

    ReplyDelete
  13. Kok tetep gak bisa ya gan? Sudah di tambahkan space , malah hasil ny ? "AT command is send : +CME ERROR:100

    ReplyDelete
  14. Lalu, bagaimana jika setelah klik send at command lalu muncul keterangan error, dan bagaimana cara mengatasi hal tersebut...

    ReplyDelete